BLOGGER TEMPLATES Memes

Pages

Memaximalkan Kinerja Photoshop CS 3

saat ini saya akan membahas hal yang sangat lah mendasar pada photoshop yaitu memaximalkan Kinerja Photoshop CS 3 atau diatasnya.

Jika anda baru pertama kali menggunakan program photoshop CS3 atau lebih tinggi yang harus kamu perhatikan adalah apakah setting di pengaturan photoshop sudah tepat.

Karena apabila pengaturannya tepat akan membuat lebih effesien dan Memaximalkan kinerja photoshop CS.

Saya akan tunjukan yang penting – penting aja agar tidak membuat pusing dalam membacanya, untuk lebih jelasnya langsung aja kita ke TKP.

klik aja Edit > Preference > General atau tekan Ctr+K

Setting Preference pada photoshop

- Image Interpolation agar kualitas tampilan gambar pada saat di edit tetap telihat halus (smooth) walaupun gambar di perbesar maka kita set image interpolation nya pada pilihan Bicubic Sharper (Best for reduction).

- Automatically launch Bridge, apabila kita sering mengunakan browse pada saat mengambil gambar di komputer akan lebih baik pengaturan ini diaktifkan akan memudahkan kerja kita dan bridge akan aktif ketika mengaktifkan photoshop.

- Export clipboard, pengaturan ini jika diaktifkan hanya akan memperberat kerja komputer bahkan membuat error, fungsinya adalah memudahkan dalam mengcopy paste dari photoshop ke program lain.

- Use Shift Key for tool switch, fungsi ini tidak usah diaktifkan karena kita jarang menggunakannya. ini adalah untuk tombol pintas contoh jika kita ingin menggunakan eliptical tool pada rectaqular tool cukup kita menekan shft+M 2 kali.

Klik Edit > Preferences > Interface

Fungsi ini biarkan secara default, hanya saja untuk show tool tips apabila anda pemula akan lebih baik tidak usah dicentang sampai anda terbiasa dengan photoshop.

Klik Edit > Preferences > Handling

- Ask Before Saving Layered TIFF Files lebih baik dirubah menjadi never, fungsi ini hanya akan memperbesar files 30- 50 % pada saat di simpan pada tiff atau jpg selain PSD, karena akan tersimpan berikut layernya.

- Prefer Adobe Camera Raw For Supported Raw Files di centang agar support dengan image yang langsung diambil dari kamera.

Klik Edit > Preferences > Performance

Pengaturan performance sangatlah penting karena dengan pemahaman dan pengaturan yang benar membuat komputer kita lebih cepat dan effisien.

- Memory Usage. lebih baik tidak melebihi dari 60% karena jika melebihi dari 60 % program lain yang kita jalankan tidak akan berfungsi dengan baik.

- Scratch Disks. pada saat menggunakan photoshop berapapun memory yang kita miliki tidak akan pernah cukup sehingga apabila memory yang kita miliki sudah terpakai habis maka akan disimpan diharddisk, maka akan lebih baik jika scratck dish mempunyai space yang cukup karena jika kurang bisa menyebabkan error.

- History & Cache. mengatur banyaknya langkah terakhir yang disimpan di memory, jadi jika ada kesalahan anda tidak usah takut karena setiap langkah anda sudah tersimpan dan bisa dipanggil kembali (undo).

Oleh karena itu lebih baik di set antara 30 – 50 langkah tergantung dari banyaknya memory yang kita punyai, dan perlu diketahui bahwa semakin besar angka semakin banyak memori yang terpakai.

- Cache levels. biarkan aja secara default karena semakin besar levelnya maka semakin lambat kerja komputernya, fungsinya adalah untuk mengatur cache pada memory dan harddish.

Klik Edit > Preferences > Cursors

- Cursors. pilihannya terserah anda karena apapun pilihannya tidak mempengaruhi performance komputer.

Klik Edit > Preferences > Units & Rulers

- Rules. rubah menjadi pixels karena photoshop program pengolah gambar bukan pengolah data dan membaca berdasarkan pixel dalam setiap inchinya.

Oke…. itu saja sedikit tips dari saya dalam memaximalkan kinerja photoshop CS 3, tapi yang pasti apapun yang ada pilih di preperence ini tidak akan merusak program photoshop maupun komputer anda, jadi silakan anda kreasikan sendiri sesuai pengalaman anda masing masing dan setelah disetting untuk mengaktipkannya anda harus keluar dulu dari photoshop. Selamat mencoba !

0 komentar: